Friday, May 14, 2010

Menulis

Apa yang biasanya kamu lakukan pada saat senggang?

Saat senggang? Wow sudah lama saya tidak mendengar kata itu.

Tapi beberapa waktu yang lalu (tepatnya beberapa minggu yang lalu) saya mengisi waktu luang dengan.. dengan apa ya? Oh iya, dengan menggambar atau menulis. Ya, menulis adalah hal yang menyenangkan. Menjelaskan apa yang ada di pikiran kita, susah. Lalu barusan saya iseng-iseng baca tulisan-tulisan saya yang tersebar di mana-mana. Saya jadi ingat akan sesuatu yang mengganjal pikiran saya saat itu.

"...Dan karena anda tahu, anda sendiri tidak mengerti bagaimana masalah tersebut, bahkan apa masalahnya. Anda hanya tahu ada sesuatu yang salah dalam diri anda. Dan itu menyakitkan..."

Wow, sekarang saya mengerti apa yang saya maksudkan dengan masalah pada saat itu. Bukankah hal itu adalah sesuatu yang lucu? Maksud saya, saya menulis hal itu berminggu-minggu yang lalu. Dan saya baru mengerti sekarang, setelah saya baca ulang. Kok aneh ya.


Lalu ada cuplikan lain lagi:
"...Saya hanya tahu bahwa ada lubang yang menganga lebar di sini. Terlihat jelas ada sesuatu yang sebelumnya tertancap dengan kuat dan kokoh lalu dicabut. Bekas cabutan tersebut menyisakan lubang, yang sungguh terlihat berantakan..."


Saya dapat membayangkan perasaan saya saat itu. Sakit.



"...aku sering memerhatikan apa yang lingkungan suguhkan kepada para pengguna jalan. Aku senang melihat semua itu, memerhatikan bangunan-bangunan yang berjejer di pinggir jalan secara sekilas. Menimbulkan kesan tersendiri di pikiranku..."


Perasaan yang tenang, damai sekali.



Banyak kejadian-kejadian yang kita alami dalam satu hari. Baik itu menyenangkan, menyedihkan, menyakitkan, menggorengkan (haha apa ini?), membuat kita merasa melonjak (?). Dan saat kamu melihat ulang kejadian tersebut, kamu akan ingat perasaan yang timbul saat itu.




Menulis itu indah :D

2 comments: