Thursday, December 23, 2010

Coba Pikir

Kalau dipikir-pikir, manusia itu egois bukan sih? Oke enggak semua. Tapi kalau dipikir-pikir banyak banget kan orang-orang yang seperti itu? Tak terkecuali saya. Saya.

Pernah terpikir kata-kata seperti ini?
"Leave me alone! Keberadaan kalian di sini mengganggu. Kalian mau membantu kan? Kalau begitu bisakah kalian keluar? Hal itu akan sangat-sangat membantu. Terima kasih."
"Ya jelas aja mereka enggak ngerti. Orang mereka bukan aku kok. Apa peduli mereka coba. Ga ada untungnya mereka ngurusin hal seperti ini. Lagian ini bukan masalah mereka kok. Aku hancur terpuruk gak akan ngefek apa-apa kok ke mereka. Mereka bisa gampang aja ngomong gitu karena mereka enggak berada di posisiku."

Nah loh nah loh. Kalau dipikir-pikir, itu egois kaaaan? (Halo Qonita, itu egois loh. Egois.) Maksudnya, pikir deh. Buat kalimat pertama, lihatlah. Berarti kan ada orang yang peduli dengan kita. Walaupun okelah mereka tidak membantu atau bahkan malah mengganggu. Tapi setidaknya mereka mencoba untuk peduli. Bayangkan bagaimana perasaan orang yang telah mencoba peduli kepada kita itu. Mereka memberikan hal positif. Masa dibales negatif? Ga etis bukan sih?

Lalu kalimat kedua. Entahlah, saya kadang berpikiran seperti itu. Dan saya akui itu adalah sesuatu yang seharusnya tidak saya pikirkan. Pernah ada orang yang bilang gini,"Bagaimana kalian mau dimengerti bila kalian tidak menceritakan masalah tersebut?". Aku juga pernah baca di suatu tempat yang salah satu orangnya ngomong,"Aku memang bukan kamu. Karena itulah, aku bisa melihat masalahmu dari sudut pandang yang berbeda."

Jadi, berpikiran positif aja dengan keadaan kita. Jangan malah menimbulkan hal-hal negatif yang menambah bobot masalah kita. Dan juga pikirkan perasaan orang-orang yang ada di sekitar kita. Jangan sampe mereka dapet masalah cuman karena masalah kita. Jangan tularkan mood negatif yaa :)

3 comments:

  1. "Jangan tularkan mood negatif yaa :)" yeaaah !

    ReplyDelete
  2. hoo. feeling like i've done that thing haha makasi ya qooon :)

    ReplyDelete
  3. @paul: hahaha \m/
    @nindy: iya, sama-samaa :D

    ReplyDelete